Wednesday, November 03, 2010

Kebahagiaan, Pendekatan 2 Sisi

4:00 PM 11/21/2009, ANTz wrote :

Benar dan sungguh benar, pernyataan setiap manusia akan berubah, hanya pertanyannya seberapa cepat seseorang berubah dan untuk esensi apa dia berubah. Kebahagiaan ? Bukankah itu yang dicari semua insan ? Apapun bentuknya, hal inilah yang akan terus dicari. Dicari sampai 2012 [baca : kiamat] hehehehe... sekarang semua orang tahu deh kapan dunia akan kiamat, bukan hanya Sang Pencipta :)

Lagu I Believe I Can Fly yang dibawakan secara apik oleh Ray Kelly serta merta membawa ingatan gue kepada Peterpan. Sosok bocah yang tidak pernah mau berubah menjadi dewasa hanya karena tidak mau kehilangan kebahagiaannya, bukan karena kelebihannya. Dia tahu persis dimana letak kebahagiaannya dan akan mempertahankannya apapun yang terjadi. Idealis yang amat sempurna bukan ?

Dua pendekatan yang berbeda dengan tujuan yang sama. Realistis pada keadaan atau idealis yang mengalir dalam darah. Tapi tunggu dulu !!!Bukankah Peterpan hanya karakter fiksi ? Mana mungkin terjadi !!! Lalu gue teringat kembali tayangan Kick Andy di Metro TV kemarin Jumat malam. Mengusung tema 'Pemberontakan Anak-Anak Muda dalam Bermusik', salah seorang tamu yang hadir bernama panggung Frau dengan piano kesayangannya bernama Oscar. Pemudi lugu berusia 19 tahun perpaduan Jawa - Jepang ini ternyata tenar di Eropa. Kemahirannya mencipta, memainkan sekaligus menyanyikannya menyihir penggemarnya di Benua Biru.

Ketika Andy F. Noya bertanya : "Benarkah lagu-lagu tersebut bisa di download gratis di Internet ?"
Frau menjawab : "Iya"
Andy melanjutkan : "Kenapa ya ?"
Frau menjawab : "Saya senang bermusik, ini bukan pekerjaan dan saya ingin orang lain dapat menikmatinya".
Adegan tersebut menyiratkan bagaimana seseorang menikmati hidupnya dengan membagi keindahan talentanya tanpa peduli apa yang akan diperolehnya. TIDAK LEBIH.

Dan ketika gue memilih beberapa orang lain yang menikmati hidupnya, teringatlah gue kepada sosok seperti Bunda Theresa, James Nachtwey sampai Ibu Muslimah yang hidup di negeri ini. Sepanjang yang gue tahu, tidak ada penyesalan dalam diri mereka memilih jalan hidup yang 'kelewat nyeleneh'. Menjamah orang-orang penderita lepra, mengabadikan kejamnya perang atau bercengkerama dengan bocah miskin merupakan pilihan hidup yang tak menjanjikan.

Tapi lihatlah, bagaimana mereka mewarnai dunia dengan crayon kebahagiaan mereka. Sesungguhnya itu bukan sisi 'sok sial' yang ada dalam diri manusia, seperti pernah dikemukakan salah satu boss di mana gue pernah bekerja beberapa tahun silam [maaf ya pak] atau dengan istilah terlalu idealis [perfeksionis] yang dikatakan seorang psikolog dan orangtua gue. Ini hasrat bukan sekedar ambisi, mengalir begitu saja dalam diri.

Lalu apa yang mereka CARI ? Pujian, sanjungan, kedudukan, harta atau kebahagiaan sebagai ujung dari semuanya ? Gue rasa tidak dan gue yakin mereka tidak pernah membutuhkan itu.Mereka BUKAN sedang MENCARI, mereka sudah MENEMUKAN dan mereka sekarang MEMBAGINYA. Mungkin perkataan Martin Luther King Jr. memberi makna lebih, "Life's most urgent question is : what are you doing for others". Baginya hidup adalah apa yang kita lakukan bagi sesama. Atau simaklah bagaimana Bunda Theresa mengeluarkan resepnya, "You can do no great things, just small things with great love".

Jiwa sosial, idealis, perfeksionis, atau apapun sebutannya, mereka hanya orang-orang biasa yang dilahirkan dengan kesabaran, kesetiaan serta keteguhan yang luar biasa. Kegelisahan hatilah yang membuat mereka menjadi berbeda dan tak urung setiap tindakannya menjadi sulit dipahami, walau sesungguhnya pribadi mereka teramat sederhana. Mereka hanya ingin membuat orang-orang disekitarnya bisa tersenyum, membangkitkan harapan bahwa dunia dapat sedikit lebih baik. Dan ketika dunia tersenyum, mereka akan tersenyum. BAHAGIA... ? hahahaha... cobalah rasakan !!!

Hujan turun dengan tenang, menghiasi sore ini... semakin memperjelas sesuatu yang dulu hanya keping-keping puzzle akhirnya menjadi sebuah gambar yang jelas :).


with respect,

:> ANTz

0 comments:


Post a Comment

 

blog RIGHT

This blog powered by:


Professional template designed by Rohman Abdul Manap
Banner header image and blog modified by antha.ginting

Creative Commons License
Based on a work at karput.blogspot.com,
all contents on this site are LICENSED under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 Unported License.

Please email to for copy
and distribute for commercial or non-commercial uses.

and also PROTECTED under:
MyFreeCopyright.com Registered & Protected
protected by Copyscape Online Plagiarism Detector
for detail see Disclaimer.

Thank you for visiting my blog, see ya..

my FRIENDS


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...