Thursday, November 25, 2010

ber-Internet secara Sehat untuk sesuatu yang Hebat

10:29 AM 24/11/2010, ANTz wrote :

Seingat saya hari Kamis, tanggal 18 November 2010, ketika saya dijemput seorang teman untuk 'menjenguk' komputer yang lagi rusak di daerah Cilandak. Hari menjelang sore ketika saya sampai di tempat tersebut. Dengan ramah seorang bapak menyambut saya. Setelah diceritakan kronologisnya bagaimana komputer tersebut bisa ngadat, mulailah saya meng-observasi komputer tersebut.

Satu komputer dengan sistem operasi Windows XP 'hang' ketika akan login dan saat akan diformat selalu menolak dengan tampilan 'blue screen'. Komputer yang satu dengan sistem operasi Windows Vista masih beroperasi, namun sayang berjalan sangat lambat. Setelah di-scan dengan antivirus Smadav (asli buatan dalam negeri) yang terpasang di komputer tersebut, ter-identifikasi 4 virus yang resident di komputer tersebut. Ternyata selain antivirus tersebut, sudah terpasang aplikasi Deep Freeze dan AVG Anti-Virus (bawaan dari Windows Vista). Lagi-lagi, seperti komputer sebelumnya, ketika akan diformat ulang, komputer ini pun mengeluarkan tampilan 'blue screen'.


Kemudian dari cerita bapak tersebut ternyata kedua komputer yang diperlengkapi internet tersebut memang diperuntukkan untuk kepentingan umum. Maksudnya setiap orang bisa bebas mempergunakannya asal bertanggungjawab. Masalah mau mendownload, menginstall aplikasi atau memindahkan data dari luar ke komputer tersebut juga tidak dilarang. Mungkin karena percaya dengan serangkaian aplikasi pengaman yang sudah terpasang di komputer tersebut. Namun faktanya virus sanggup masuk ke dalam komputer tersebut.

Nah... kalau seperti ini kondisinya, bukan saatnya mengandalkan aplikasi saja. Tetapi ada hal-hal lain yang harus dipahami pengguna komputer terutama yang terkoneksi dengan internet. Apalagi dewasa ini kejahatan dunia maya semakin canggih, bukan sekedar membuat virus lantas menyebarkannya atau menghack situs tertentu sebagai eksistensi belaka. Lebih dari itu, sudah mengarah kepada mencari keuntungan secara materi. Dari sinilah saya tergelitik untuk mengumpulkan hal-hal kecil yang mungkin terlewat oleh pengguna dalam berinteraksi di dunia maya namun menjadi celah yang sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Hal-hal tersebut kemudian saya kelompokkan menjadi 2 bagian penting saat kita melakukan aktifitas di dunia maya.

A. Sistem Pengaman
Yang dimaksud sistem pengaman adalah segala perangkat baik hardware maupun software yang melindungi sistem komputer dalam menjelajahi dunia maya. Sistem pengaman yang tangguh paling tidak menjadi modal yang baik, terutama bagi pengguna yang masih awam dalam ber-internet. Berikut hal-hal yang yang perlu diperhatikan dalam sebuah sistem pengaman :
  • Antivirus. Sebuah antivirus akan memproteksi sistem komputer, aplikasi ini akan mencari dan menghapus virus dari hard disk. Namun kelemahan dari aplikasi ini adalah anda harus rajin melakukan update. Tujuannya untuk menjaga definisi virus yang terdapat dalam aplikasi antivirus tetap baru karena setiap saat ada saja virus baru yang muncul, tentunya yang lebih canggih dari yang sebelumnya. Bukankah ada rahasia umum “semakin pintar polisi maka semakin pintar juga penjahat” hahahaha... Jadi pastikan untuk mengaktifkan fitur otomatis update agar antivirus mengupdate dirinya sendiri setiap hari.
  • Firewall. Firewall adalah sebagian perangkat lunak atau perangkat keras yang berada di antara komputer dan internet yang bertugas mengijinkan hal hal apa saja yang boleh masuk ke dalam sistem internet.
  • Spyware Remover. Biasanya spyware relatif lebih jinak dari segi keamanan dibanding virus. Hal tersebut karena spyware tidak melakukan kerusakan yang berakibat fatal kepada komputer namun spyware melanggar privasi dengan melacak situs web apa saja yang anda kunjungi atau menambahkan 'fitur' terhadap sistem komputer anda, yang tidak anda minta dan bahkan tidak diperlukan. Salah satu contoh terburuk yang dilakukan spyware adalah mengarahkan pencarian web yang anda lakukan ke situs lain untuk mencoba untuk  menjual sesuatu barang.
  • Koneksi Bergerak. Dewasa ini adalah lumrah untuk melakukan koneksi internet secara bergerak. Aktifitas yang tinggi menuntut mobilitas yang tinggi pula, namun seiring dengan tindakan keamanan ekstra pun harus diberlakukan. Jadi ketika anda bepergian dan menggunakan internet hotspot, wifi gratis atau warung internet, pastikan bahwa akses web email anda melalui koneksi yang aman dan sudah ter-enkripsi. Jangan biarkan seseorang 'surfing' dan mencuri password anda hanya dengan melihat anda mengetik di tempat umum. Pastikan juga, apabila rumah atau kantor anda diperlengkapi dengan wifi sudah memiliki keamanan terjamin dari siapapun yang berada dalam jangkauan akses wifi tersebut.
B. Kebiasaan Pengguna
"Pisau bisa bermanfaat ditangan koki namun berbahaya ditangan perampok", begitulah kira-kira ungkapan berkata. Begitu pula dengan internet, bagaimana ia bisa bermanfaat tentunya tergantung bagaimana orang yang menggunakannya. Pada awalnya, internet bukanlah sesuatu yang membahayakan, karena mampu meningkatkan produktivitas pekerjaan. Sekarang pun, internet lebih banyak membagikan banyak manfaat daripada mudaratnya. Hanya segelintir manusia yang memanfaatkannya demi kepentingan-kepentingan pribadi. Untuk mencegah agar kita tidak terjebak di dunia maya ada baiknya kita memperhatikan kebiasaan dalam ber-internet. Berikut serangkaian tips yang mungkin bermanfaat bagi anda dalam ber-internet :

  • Untuk tujuan apa anda ber-internet ? Hal ini menjadi dasar, karena dengan itu anda akan mengakses sebuah situs. Hindari situs yang berbau pornografi, radikalisme, underground atau apapun yang berakibat buruk pada anda. Kalau anda memasuki situs underground untuk mencari keygen, crack atau patch untuk aplikasi gratisan anda, hati-hatilah dalam meng-klik sebuah banner atau link.
  • Pastikan URL yang anda ketikkan di browser. Sebagai contoh, jika anda ingin login ke Twitter, pastikan URL tertulis www.twitter.com bukan misalnya www.twiiter.com Metode ini sering digunakan orang-orang tak bertanggungjawab untuk mendapatkan username dan password anda.
  • Jangan membuka e-mail dari orang asing kecuali jika anda dapat mempercayai mereka dan anda memiliki pengaturan keamanan di komputer anda. Beberapa junk e-mail mungkin berisi virus atau spyware yang dapat membahayakan komputer anda. E-mail seperti ini dapat secara otomatis ditandai sebagai ‘spam’ atau ‘sampah’.
  • Waspadai e-mail yang mengaku dari bank atau perusahaan anda untuk meminta informasi pribadi. Cara ini disebut phishing. E-mail tersebut biasanya memberitahu ada masalah dengan salah satu account anda berikut passwordnya. Segeralah konfirmasi pusat informasi dari bank atau perusahaan yang mengklaim telah mengirim e-mail tersebut. Tentunya mereka akan mem-verifikasi keabsahan e-mail tersbut. Ingatlah, bahwa program e-mail seperti Yahoo, Google, MSN dan yang lain TIDAK AKAN pernah meminta anda untuk mengirim password e-mail anda.
  • Hati-hati dengan apa yang anda katakan di jejaring sosial. Kalimat seperti: "Saya pergi ke pesta di ..." sepertinya bisa menimbulkan masalah terutama bagi orang yang tidak dikenal.
  • Jangan memberikan nama lengkap, alamat, atau nomor telepon anda untuk orang yang baru anda kenal di dunia maya. Untuk sekedar melakukan chatting di tempat yang umum sepertinya nickname menjadi solusi yang baik untuk digunakan.
  • Jika anda memutuskan untuk bertemu secara langsung, seseorang yang baru anda kenal dari online, bertemulah di tempat umum dan beritahu keluarga atau teman-teman dekat tentang rencana anda.
  • Baca baik-baik kalimat Term & Condition pada setiap situs yang anda masuki. Jika anda tidak ingin menerima junk mail atau dimasukkan pada daftar telemarketer, maka cari kotak kecil di bagian bawah halaman yang menanyakan apakah anda ingin menerima informasi dan penawaran dari situs tersebut. Situs yang baik akan memiliki pernyataan tercantum bahwa mereka tidak akan menjual nama anda kepada perusahaan lain. Mungkin dengan ini anda bisa terhindari dari serbuan spam.
  • Berhati-hatilah dalam bertransaksi online. Jangan pernah memberikan rekening bank anda atau informasi kartu kredit KECUALI anda belanja dengan perusahaan online yang terkenal atau mempunyai reputasi tinggi. Periksalah selalu keamanan saat melakukan transaksi. Perusahaan-perusahaan terbaik akan memiliki banyak perangkat keamanan. Ketika memberikan rincian bank atau informasi detil lain pastikan koneksi aman dan situs terpercaya.
  • Jaga password anda. Buatlah password yang merupakan kombinasi dari huruf dan angka, lalu cobalah untuk selalu mengingatnya dan TIDAK menuliskanya di secarik kertas atau menyimpannya dalam file tertentu. Jangan membuat password yang berkaitan dengan tanggal lahir, nama atau keluarga anda.
  • Hati-hati dalam menggunakan aplikasi game online pada social networking. Banyak data diri anda yang ada dalam account social media anda terbuka pada saat anda menyetujui untuk ikut dalam game online tersebut. Jangan kaget kalau kemudian, anda banyak mendapatkan e-mail yang menawarkan sesuatu.
  • Bagi anak-anak anda, coba lakukan beberapa hal berikut ini :
      1. tuliskan setiap website yang akan mereka tuju.
      2. monitor mereka ketika melakukan sign up untuk sebuah situs web.
      3. jangan biarkan anak-anak Anda sign up di situs chat.
      4. instalasi aplikasi parental control.
      5. terapkan account non-administratif untuk anak-anak. Ini sangat membantu membatasi ruang gerak anak-anak dalam mengubah pengaturan dan menginstal aplikasi.
      6. yang terpenting dari semuanya, ajaklah mereka diskusi untuk segala tindakan yang anda lakukan, alasan apa saja yang membuat mereka tidak diperbolehkan mengakses situs-situs tertentu.
  • Yang juga tidak kalah penting dalam ber-internet adalah masalah kesehatan. Bagi anda yang banyak menghabiskan waktu ber-internet maka perhatikan hal-hal berikut ini :
      1. mengatur posisi duduk, yang termasuk dengan posisi duduk adalah posisi tubuh, tangan dan kaki yang diletakkan secara baik dan benar. Tujuannya agar tubuh dalam bekerja menggunakan komputer tidak cepat lelah.
      2. sediakan air minum, hal ini untuk menghindari dehidrasi dan mencegah timbulnya penyakit ginjal.
      3. jangan duduk terlalu lama, hal ini untuk menjaga agar ginjal dan hati tidak mudah sakit.
      4. penerangan ruangan harus cukup terang, melakukan aktifitas di ruang gelap membahayakan kesehatan mata, selain otak dipaksa bekerja ekstra untuk melihat dalam kegelapan.
      5. mengistirahatkan mata, lakukan hal tersebut 10-20 menit setiap 2-3 jam sekali ditambah dengan melihat sekitar rumah anda yang masih berwarna hijau.
      6. jaga jarak pandang anda dengan monitor, hal ini untuk menghindari efek radiasi yang terpancar dari monitor. Jarak pandang yang baik adalah 30-50 cm dari monitor.
      7. gunakanlah pengaman radiasi monitor, jika tidak ada, aturlah intensitas monitor jangan terlalu terang atau gelap.
Nah... demikianlah beberapa poin untuk 'berlaku sehat' dalam ber-internet, kalau ingin ditambahkan dipersilakan. Sekarang tinggal bagaimana kita menjadi hebat dengan internet tersebut, yaah... paling tidak untuk diri sendiri dulu saja, karena segala sesuatu dimulai dari diri sendiri dulu bukan ? waks...

Percaya atau tidak, yang namanya internet, telah menjelma menjadi salah satu penemuan yang paling berguna sepanjang masa. Mungkin bisa dimasukkan kedalam buku Guiness of Record atau 7 Keajaiban Dunia, itu menurut saya. Kenapa ? Karena dengan memperhatikan apa saja yang bisa kita peroleh hanya dengan duduk di depan komputer dan terkoneksi dengan internet, bagi saya cukup mencengangkan. Coba simak hal-hal berikut ini yang bisa dilakukan dengan ber-internet, diantaranya menjadi jalan bagi banyak orang menjadi hebat bukan hanya bagi dirinya akan tetapi bagi dunia :



Update Diri
  • mengikuti tren terbaru
  • mengetahui kondisi cuaca
  • e-paper, update berita setiap saat
Mesin Pencari
  • jalankan mesin pencari anda sendiri
  • optimalisasi pencarian anda dengan kata kunci
  • cari dan pilih situs yang cocok dengan 'selera' anda
  • cari dan pilih sendiri jenis berita yang anda inginkan
  • teks, eBooks, photo, video, lagu atau apapun itu, temukan dengan mudah
Dunia Hiburan
  • mendengarkan berbagai macam musik dan radio
  • menonton siaran langsung olahraga
  • menonton beragam genre film atau video
  • membaca lelucon atau komik
  • jika bosan, pergilah ke situs permainan
  • cobalah buat acara televisi sendiri
  • pergi ke situs chat, namun INGAT berhati-hatilah
  • rekam suara, photo atau video anda, upload dan bersiaplah terkenal
  • download konten diatas yang diinginkan, carilah yang gratis
Jaringan Pertemanan
  • perbaharui dengan cepat jika jadwal pertemuan bermasalah
  • bercengkrama dengan teman-teman anda
  • mencari teman baru
  • bersosialisasilah dengan tujuan
  • membuat wadah komunitas versi online
  • buat chat room sesuka anda
  • web cam, lihat lawan bicara anda
  • mengenal orang baru dengan hobby yang sama
  • manfaatkan untuk mempromosikan produk
Personalisasi Diri
  • sewa kotak suara dengan gratis
  • mengirim surat dengan cepat dan mudah
  • buat surat dalam bentuk suara atau video
  • periksa kotak surat dari mana saja
  • tandai dan simpan situs favorit anda
  • buat akun album photo dan publikasikanlah
Aktualisasi Diri
  • sumber ide atau inspirasi
  • tulis otobiografi anda 
  • blogging, bagilah pengalaman anda
  • publikasikan artikel anda
  • menulis di mana saja
  • menerbitkan novel
  • membuat koran sendiri
  • buat website, lalu promosikan website anda
  • tunjukkan segala bentuk desain anda
  • memantau program diet
  • buat mesin pencari anda sendiri
  • ikutilah beragam kompetisi atau kontes
  • mempunyai artis idola, ikutilah gosip terbaru
  • abadikan momen disekitar anda, upload saat itu juga
Berguru
  • wikipedia, ensiklopedia dengan informasi super lengkap
  • menyelesaikan pekerjaan rumah
  • tersedia banyak guru IT virtual
  • meningkatkan pengetahuan webpage anda
  • maniak game ? belajarlah membuat aplikasi game
  • belajar memasak dan temukan jenis makanan baru
  • temukan tips mengelola rumah
  • belajar sendiri bahasa asing
  • jangan lupa pergunakankah kamus online
  • dapatkan ribuan sumber kode pemrograman
  • sumber data yang tidak ada habisnya untuk dipelajari
  • memperdalam agama dengan benar
  • kumpulkan nasihat bijak untuk anak
  • asah kemampuan 'parenting' anda
  • mencari jawaban atas masalah anda
  • belajar apa lagi ? cari saja sesuai topik yang anda suka
Pekerjaan
  • mencari nama perusahaan, alamat atau nomor telepon
  • temukan nasehat meniti karir yang baik
  • cari lowongan pekerjaan yang sesuai
  • cari sumber atau database untuk mendukung proyek anda
  • lakukan riset untuk pekerjaan anda
  • mengirim file atau folder pekerjaan
Menghasilkan Uang
  • buka toko online anda
  • lakukan pemasaran online
  • beriklanlah dengan gratis
  • mencari peluang usaha
  • menulis rencana bisnis
  • mempromosikan produk
  • mempublikasikan buku
  • kumpulkan rupiah dari website [text ads, affiliate program, subscriptions atau self-publishing]
E-commerce
  • membangun jaringan bisnis
  • pesanlah tiket secara online
  • review produk, teliti dulu sebelum dibeli
  • jual beli atau belanja online, berhati-hatilah
  • menyewa secara online, apapun itu bahkan jet pribadi
  • melakukan e-banking
  • membayar kartu kredit
Perjalanan
  • macet, pantau segera arus lalu lintas di kota anda
  • tersesat, temukan lokasi yang dicari dengan peta virtual atau GPS
  • beritahu lokasi anda dengan peta virtual
  • pilih rencana akhir pekan
  • eksplorasi beragam budaya di dunia
  • mengatur perjalanan yang anda mimpikan
Memproteksi Komputer
  • perbaharui antivirus
  • scan komputer dari spyware
  • dapatkan bantuan teknis gratis
  • akses komputer anda dari tempat lain
Dan dari semuanya itu terselip pesan penting ketika ber-internet yakni saling berbagi karena hampir sebagian besar aktifitas yang dilakukan diatas, situs-situs yang ada tidak akan memungut biaya sepeser pun alias GRATIS.

Jadi sekarang, mulailah ber-internet secara sehat dan 'hebat' menjadi buah yang bisa anda petik kemudian.

with respect,

:> ANTz

2 comments:

Inatalia said...

Thanks for posting!!! lengkap dan berguna sekali, bang!!

ANTz on Wednesday, December 01, 2010 5:24:00 PM said...

makasih ya udah berkunjung


Post a Comment

 

blog RIGHT

This blog powered by:


Professional template designed by Rohman Abdul Manap
Banner header image and blog modified by antha.ginting

Creative Commons License
Based on a work at karput.blogspot.com,
all contents on this site are LICENSED under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 Unported License.

Please email to for copy
and distribute for commercial or non-commercial uses.

and also PROTECTED under:
MyFreeCopyright.com Registered & Protected
protected by Copyscape Online Plagiarism Detector
for detail see Disclaimer.

Thank you for visiting my blog, see ya..

my FRIENDS


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...